Modem CDMA: USB Modem – PCMCIA Modem – Kabel Data

Modem CDMA

Anda bingung memilih jenis modem CDMA? Ini pengalaman saya menggunakan beberapa jenis koneksi modem.

1. USB Modem
Harga murah, bisa didapat mulai harga Rp 700 ribuan. Sangat praktis, bentuk mirip flash disk, bisa digunakan di Notebook dan PC Desktop. Kelemahan paling parah modem cepat panas untuk penggunaan di atas 30 menit. Bahkan RUIM (simcard) saya rusak sampai melengkung kepanasan.

Bagi yang maniak browsing sangat tidak disarankan menggunakan USB modem ini. Saya kurang tahu dengan merek-merek tertentu, tapi yang jelas teman kantor yang menggunakan merek lain kasusnya sama, PANAS.
2. PCMCIA Modem
Mungkin ini yang paling saya rekomendasikan bagi pengguna notebook. Koneksi lebih stabil dibanding menggunakan kabel data(HP) walaupun untuk penggunaan 6-12 jam non stop. Simpel karena sekali ditancapin di slot pcmcia tidak perlu dicabut lagi. RUIM aman tidak kepanasan walaupun modem agak terasa hangat. Harga di Surabaya (Hi Tech Mall) bisa diperoleh mulai harga Rp 850 an tergantung merek. Bisa dipakai di PC Desktop menggunakan adaptor PCI.
3. Kabel Data (Handphone)
Saya pakai Nokia, jadi mengunakan jenis kabel data DKU-5 (CA-42, dan sejenisnya) Ini jenis koneksi yang paling kuno :-D . Cukup ribet tiap mau konek ke internet, batery cepet habis.

0 Comments:

Post a Comment